Kompas.com - 01/11/2013, 20:55 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com - Harga minyak turun pada hari ini, Jumat (1/11/2013) di pasar internasional, menyusul masih besarnya stok minyak Amerika Serikat. Akan tetapi, penurunan harga komoditas itu tertahan oleh kinerja manufaktur China yang sejauh ini cukup positif.

Kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember turun 15 sen menjadi 96,23 dollar AS per barel. Adapun minyak jenis Brent North Sea untuk pengiriman Desember turun 21 sen dan berada di level 108,63 dollar AS per barel di pasar London.

Indeks pembelian manajer di industri China naik menjadi 51,4 pada bulan Oktober dari bulan sebelumnya 51,1 pada September. Indeks tersebut tercatat yang tertinggi sejak April 2012 yang mencapai 53,3.

"Laporan mengenai kinerja manufaktur China itu membantu menahan penurunan harga minyak di pasar berjangka," ujar Victor Shum, konsultan energi pada IHS Purvin and Gertz.

Analis lainnya menyebutkan masih tingginya harga minyak Brent disebabkan oleh ketidakpastian produksi minyak dari Libya.



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X