Perusahaan Skotlandia Gagal Batalkan Merek Habitat

Kompas.com - 04/11/2013, 09:37 WIB
Ilustrasi Merek SHUTTERSTOCKIlustrasi Merek
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Safehouse Habitat Limited (Skotlandia) gagal membatalkan merek Habitat milik Hot Hed International,SA.Panama. Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menolak gugatan pembatalan merek Habitat.

"Menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima," ujar ketua majelis hakim Gosen Butar Butar, Jumat  (1/11/2013).

Menurut pertimbangan majelis, pengajuan pembatalan merek Habitat oleh Safehouse tidak memenuhi syarat. Safehouse belum mendaftarkan merek Habitat miliknya di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Sementara pasal 68 ayat 2 Undang-undang nomor 15 tahun 2001 tentang merek menyatakan pemilik merek yang tidak terdaftar dapat mengajukan gugatan pembatalan merek setelah mendaftarkan mereknya di Dirjen HKI.

Menanggapi putusan ini, kuasa hukum Safehouse, Marta Sari bermaksud mengajukan gugatan lagi. "Kami akan daftar dulu, setelah itu ajukan gugatan," ujarnya usai persidangan.

Sementara kuasa hukum Hot Hed, Donald Halasan Siahaan menyambut baik. "Kami sudah pernah digugat tahun 2009. Saat itu Hot Hed juga menang," katanya.

Safehouse dan Hot Hed sebelumnya memperebutkan merek Habitat di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Safehouse meminta pengadilan membatalkan merek HABITAT yang didaftarakan Hot Hed di bawah No.538991 dan perpanjangan No. IDM000335887. Perseroan yang berkedudukan di Strathmore House, United Kingdong ini tidak terima dengan pendaftaran merek HABITAT oleh Hot Hed lantaran memiliki persamaan pada keseluruhannya dengan merek Safehouse Habitat miliknya.

Safehouse mengklaim sebagai pemilik dan pemegang satu-satunya merek Safehouse Habitat. Merek ini didaftarkan untuk melindungi barang di kelas 19 yaitu produk alat yang digunakan dalam industri minyak dalam bentuk bukan mesin namun dapat ditiup atau dapat digelembungkan dalam bentuk panel-panel yang digunakan di dalam air atau lingkungan yang sulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merek Safehouse Habitat merupakan merek terkenal dengan jangkauan nasional, regional ,dan internasional. Produknya punterkenal karena telah dipromosikan dan diproduksi secara berkesinambungan serta terdaftar di Manca Negara. Nama Safehouse Habitat juga merupakan kepanjangan dari nama badan usaha penggugat, yaitu Safehouse Habitat (Scotland) Limited.

Safehouse menuding Hot Hed mendaftarkan merek Habitat dengan itikad yang tidak baik, yaitu ingin membajak, meniru, serta membonceng ketenaran dan kemashuran merek Safehouse Habitat yang telah terdaftar dan diakui dalam dunia international. Hal ini merupakan perbuatan tidak jujur dan bertentangan dengan ketertiban umum sehingga dapat menyesatkan khalayak ramai. (Wuwun Nafsiah)



Sumber
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X