BI: Indeks Keyakinan Konsumen Membaik

Kompas.com - 04/11/2013, 19:32 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) masyarakat mulai membaik pada Oktober 2013, meski masih lebih rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dalam survei konsumen yang dirilis hari ini, Senin (4/11/2013) diketahui bahwa IKK per Oktober 2013 berada di level 109,5 atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya 107,1.

Bank sentral menyatakan indeks kondisi ekonomi saat ini masih melandai karena pesimisme dalam konsumsi barang tahan lama dan penghasilan. "Di sisi lain, optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meningkat, baik dari sisi penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, maupun kegiatan usaha," tulis BI.

Bank sentral juga memperkirakan, tekanan kenaikan harga dalam 3 bulan ke depan kemungkinan akan berkurang, meskipun bakal sedikit meningkat pada saat Natal dan tahun baru.

Penurunan tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi terutama pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan serta kelompok makanan jadi minuman, rkok dan tembakau.

Terkait dengan pelaksanaan pemilu legislatif, BI memperkirakan pada 6 bulan ke depan bakal terjadi tekanan kenaikan harga pada April 2014, yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X