BNI Dukung American Batik Competition

Kompas.com - 05/11/2013, 14:51 WIB
Para pemenang American Batik Design Competition 2013 BNIPara pemenang American Batik Design Competition 2013
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mendukung pengenalan batik di Amerika Serikat (AS) lewat ajang American Batik Competition 2013. Dalam ajang ini, para perancang busana AS berkompetisi mendesain corak batik Indonesia yang sesuai dengan imajinasi mereka sendiri.

"Kompetisi ini merupakan bentuk dukungan BNI dalam melestarikan warisan budaya dan upaya pengembangan industri kreatif Indonesia. Langkah ini sejalan dengan bisnis BNI yang giat memberikan perhatian terhadap pelaku usaha kecil dan menengah kreatif," kata Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (5/10/2013).

Kompetisi batik ini digelar untuk menjembatani pengembangan industri kreatif batik Indonesia ke kancah dunia, sekaligus mendorong akulturasi budaya batik Indonesia ke dalam keragaman budaya di AS.

Kompetisi serupa tidak hanya digelar di AS, tetapi juga di negara lainnya, seperti Italia. Melalui kompetisi ini, para desainer Amerika Serikat tertantang untuk menyalurkan gaya fashion yang mereka miliki dengan tema "The spirit of America in the heritage of batik."

Ketiga pemenang memperoleh tiket perjalanan ke kota-kota di Indonesia selama 2 minggu terutama ke pengrajin batik dan mengikuti pameran di Indonesia dan di AS.

Masing-masing pemenang juga menerima hadiah uang tunai sebesar 7.000 dollar AS. Para juri menetapkan tiga pemenang American Batik Design Competition 2013, yaitu Donna Backues dari Philladelphia dengan tema desain “Ring of Fire Lighting the Flame of Liberty “.

Kedua, Anica Buckson dari Brighton, Massachusetts dengan desain batik bertema “North Native America”. Ketiga, Christiane Grauert dari Milwaukee Institute of Art and Design dengan tema “Many Faces Many Voices”.

Sejak American Batik Design Competition digelar pertama kali pada tahun 2011, ada sembilan desain batik dengan tema khas Amerika. Tahun ini akan ada tambahan lima varian batik desain ala Amerika yang akan ditransformasikan dari desain digital ke pakaian batik riil ke pengrajin batik di Yogyakarta.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X