Jika Irigasi Bagus, Petani Siap Tebang Sawit

Kompas.com - 05/11/2013, 15:05 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BENGKULU, KOMPAS.com - Ratusan petani kelapa sawit di Kabupaten Seluma, Bengkulu nyatakan bersedia mengganti tanaman kelapa sawit yang telah terlanjur mereka tanami, asalkan pemerintah segera membuat jaringan irigasi ke lokasi persawahan.

"Kami bersedia menebangi tanaman kelapa sawit jika irigasi untuk mengairi sawah tersedia, selama ini memang sawah kami tadah hujan tetapi karena produktifitas rendah karena irigasi tidak ada maka kami tanami kelapa sawit," kata salah seorang petani asal Desa Talang Panjang, Seluma, Bengkulu, Selasa (5/11/2013).

Ia melanjutkan, setidaknya terdapat hampir 100 hektare sawah yang beralihfungsi menjadi sawit karena irigasi yang jelek. 100 hektare itu meliputi Desa Talang Panjang, Talang Kabu, dan Padang Cekur.

Petani menyadari alih fungsi persawahan menjadi kebun sawit mengancam ketahanan pangan warga. Namun karena fasilitas irigasi tak mendukung maka alih fungsi pun menjadi tinggi.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah menjelaskan pemerintah telah mengalokasikan setidaknya Rp 6 miliar lebih untuk rehab beberapa saluran irigasi yang rusak di Kabupaten Seluma.

Selanjutnya pemerintah akan memprioritaskan pembangunan saluran irigasi di 4000 hektare sawah di Seluma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.