Toyota Raup Laba Bersih Rp 111 triliun

Kompas.com - 06/11/2013, 15:32 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com
- Produsen otomotif terbesar di dunia, Toyota mengumumkan laba bersih pada semester I yang berakhir September 2013 untuk tahun buku 2013-2014 melonjak 82,5 persen. Naiknya laba bersih itu seiring dengan melemahnya nilai tukar yen serta tumbuhnya penjualan di kawasan Amerika Utara.

Dalam laporannya yang dirilis hari ini, Rabu (6/11/2013), Toyota menyebutkan laba bersih perseroan pada periode tersebut mencapai 1 triliun yen atau 10,14 miliar dollar AS (atau sekitar Rp 111 triliun). Adapun penjualan yang dibukukan mencapai 12,53 triliun atau naik 14,9 persen secara year on year.

Hingga saat ini, Toyota terus menggenjot penjualannya di pasar negara berkembang, berbarengan dengan penjualan ke pasar AS, yang belakangan ini juga terus membaik. Langkah tersebut membantu meningkatkan performa keuangan perseroan.

Toyota berhasil mencatatkan laba bersih hingga tiga kali lipat pada tahun lalu, seiring dengan melemahnya nilai tukar yen terhadap dollar AS. Kondisi itu membuat Toyota menjadi lebih kompetitif di pasar ekspor, serta keuntungan yang direpatriasi ke Jepang menggelembung.

Perseroan juga mengakui bahwa pengurangan tenaga kerja serta melemahnya nilai tukar yen membantu naiknya laba bersih, meskipun penjualan secara global turun tipis sekitar 1 persen menjadi 4,46 juta unit.

"Terkait dengan melemahnya yen, pendapatan operasional kami meningkat. Hal itu juga terkait dengan efisiensi yang kami lakukan," ujar Vice President Toyota, Nobuyori Kodaira.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X