Desember, Pertagas Resmikan Proyek LNG Bontang

Kompas.com - 08/11/2013, 15:05 WIB
Ilustrasi pembangunan tangki LNG
KOMPAS/EVY RACHMAWATIIlustrasi pembangunan tangki LNG
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Gas memperkirakan mulai mengoperasikan proyek LNG untuk industri pertambangan di Kalimantan dilakukan pada akhir bulan ini.

"Akhir November atau awal Desember ini kita akan resmikan LNG for vehicle di Kalimantan," kata Direktur Utama Hendra Jaya, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Ia menjelaskan, proyek tersebut mendukung program pemerintah untuk mengonversi pemakaian bahan bakar minyak ke gas. Hendra juga menyebut pasokan gas yang bersumber di Bontang itu nantinya bakal memenuhi kebutuhan industri pertambangan seperti di Kaltim Prima Coal, Berau Coal, Indominco, dan Arutmin.

Selain proyek LNG Bontang, Pertagas tengah merampungkan sejumlah proyek, di antaranya yaitu proyek pipa gas Arun-Belawan. Sebagaimana diketahu, proyek itu berkaitan dengan rencana PT Pertamina (Persero) merevitalisasi kilang Arun.

Nantinya, pipa sepanjang 370 kilometer yang memakan investasi 400 juta dollar AS tersebut akan mengangkut gas hasil regasifikasi dari Arun. Selain itu, Pertagas juga tengah menggarap proyek pipa gas Muara Karang, Muara Tawar, dan Tegal Gedhe, Jawa Barat.

Proyek senilai 155 juta dollar AS, sepanjang 70 kilometer itu bakal digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. "Kita juga akan mengelola LNG Salawati, di Sorong, Papua Barat," pungkas Hendra.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X