Nasabah Asuransi Mikro di Asia-Oceania Capai 180 juta

Kompas.com - 08/11/2013, 18:56 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Munich Re Foundation dan GIZ mencatat, peserta asuransi mikro di Asia-Oseania telah mencapai 172 juta jiwa termasuk untuk memproteksi aset properti. Sejauh ini, India menjadi pasar terbesar, dengan peserta mencapai 100 juta.

Lembaga dari Jerman itu menyatakan, Malaysia dan Indonesia memiliki pasar asuransi mikro dengan prospek paling cerah dengan laju. Adapun pertumbuhan di dua negara ini masing-masing sebesar 185 persen dan 100 persen pada periode yang sama.

"Meskipun prestasi ini membanggakan, namun saat ini sektor asuransi mikro masih kurang dari 5 persen dari keseluruhan penduduk yang tinggal di Asia dan Oseania. Mengelola risiko asuransi mikro ini tidak akan bisa lepas dari rantai kemiskinan” ucap Craig Churchill, Ketua Microinsurance Network dalam siaran pers, Jumat (8/11/2013).

Menurutnya, mengelola akses asuransi bagi penduduk berpenghasilan rendah menjadi penting untuk mendukung pembangunan yang berkesinambungan.

Saat ini, produk layanan asuransi mikro di Asia-Oceania mencakup asuransi jiwa sebanyak 83 juta nasabah, disusul oleh asuransi kecelakaan 77 juta nasabah, kesehatan sebanyak 27 juta, pertanian mencapai 26 juta, dan properti 7 juta.

Guna mendorong tumbuhnya asuransi mikro, pemerintah diminta untuk lebih berperan guna membantu memperbesar jangkauan, terutama di bidang pertanian dan kesehatan.

"Sangatlah penting untuk prinsip asuransi dikembangkan secara bersama-sama, dengan menyertakan industri asuransi, regulator atau pemerintah, dan perwakilan klien sekaligus para donatur," ujar Dirk Reinhard, dari Munich Re Foundation.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.