Alfamart Segera Ekspansi ke Kawasan ASEAN

Kompas.com - 12/11/2013, 20:18 WIB
Ilustrasi KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYATIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk akan melebarkan sayapnya dengan membuka gerai di negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Wakil Presiden Direktur Alfamart Pudjianto mengatakan, kemungkinan pada awal tahun 2014, Alfamart akan hadir di suatu negara di kawasan Asia Tenggara. Namun, ia tak menyebut secara rinci negara yang dimaksud.

"Coming soon. Tapi tahun depan, di ASEAN-lah. Cuma sayang Filipina masih sangat bencana. Kita harus ikut prihatin," kata Pudjianto, Selasa (12/11/2013).

Menurut Pudjianto, perseroan tinggal membuka gerai. Adapun barang yang akan dijual saat ini seluruhnya masih barang asli negara tersebut. Pudjianto mengaku, saat ini yang terpenting adalah membentuk jalur distribusi.

"Kalau menjual produk dari Indonesia, itu menjadi tujuannya pada suatu saat, karena kami punya jaringan negara lain. Seperti Indomie, terasi yang saat ini tidak ada di sana, nantinya bisa kami sediakan," jelasnya.

Pudjianto mengakui, ekspansi gerai tersebut akan dilakukan secara bertahap. Namun, wajarnya, jika ingin membuka bisnis sejenis paling tidak dibutuhkan 100 hingga 200 gerai. Ini demi tercapainya skala ekonomi.

Untuk melakukan ekspansi, kata Pudjianto, yang terpenting adalah memahami karakter konsumen di negara tujuan.

"Itu yang penting, karena percuma kalau kita punya teknologi semaju apa pun, tapi kita tidak bisa memenuhi kebutuhan konsumen di sana. Karena masing-masing negara berbeda," pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X