Defisit Neraca Pembayaran Kuartal III Relatif Sama dengan Akhir Juni

Kompas.com - 13/11/2013, 20:10 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia mencatat defisit Neraca Pembayaran Indonesia  pada kuartal III-2013 masih relatif sama dengan kuartal sebelumnya.

"Meskipun pada kuartal III-2013 terjadi perbaikan pada kinerja transaksi berjalan,  berkurangnya surplus transaksi modal dan finansial pada periode yang sama menyebabkan defisit NPI (Neraca Pembayaran Indonesia) tercatat sebesar 2,6 miliar dollar AS atau relatif sama dengan defisit pada triwulan sebelumnya sebesar 2,5 miliar dollar AS," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A Johansyah, dalam keterangan resminya, Rabu (13/11/2013).

Cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2013 tercatat mencapai 95,7 miliar dollar AS, tetapi kemudian meningkat 1,3 miliar dollar AS menjadi 97,0 miliar dollar AS pada akhir Oktober 2013. Jumlah tersebut setara 5,5 bulan impor atau 5,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Bank Indonesia memandang jumlah tersebut cukup aman untuk mendukung ketahanan sektor eksternal dan berada di atas standar kecukupan internasional," ujar Difi.

BI memperkirakan kinerja NPI terus membaik terutama ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat. Tren perbaikan neraca transaksi berjalan pun diperkirakan terus berlanjut, dan dipengaruhi penurunan impor non-migas dan berkurangnya defisit neraca jasa seiring melambatnya permintaan domestik.

"Meskipun demikian, perbaikan kinerja NPI masih memerlukan koordinasi kebijakan lanjutan antara pemerintah dan BI, antara lain di sektor migas yang perlu langkah-langkah pengendalian konsumsi BBM (bahan bakar minyak) untuk mengurangi defisit transaksi berjalan dari masih tingginya impor minyak," ujar Difi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X