Pencahayaan Berbasis LED Dukung Pembangunan Infrastruktur

Kompas.com - 14/11/2013, 15:05 WIB
Tidak mengandung mercuri atau pun sinar ultraviolet, lampu LED ini diyakini dapat mengirit konsumsi energi karena diproduksi dengan menggunakan teknologi "green lighting". intisari-online.comTidak mengandung mercuri atau pun sinar ultraviolet, lampu LED ini diyakini dapat mengirit konsumsi energi karena diproduksi dengan menggunakan teknologi "green lighting".
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan berbasis LED yang ramah lingkungan dan hemat energi dapat menjadi solusi dalam pengembangan infrastruktur. Seperti diketahui, pada tahun 2014 mendatang pemerintah memiliki prioritas utama berupa pembangunan infrastruktur dan transportasi. Diharapkan 94 persen jaringan jalan nasional berada pada kondisi stabil.

Di samping itu, perlu kemitraan pemerintah dan swasta untuk menjamin efisiensi manajemen proyek dan pemeliharaannya.

"Sebagai pelopor di bidang inovasi pencahayaan, Philips sangat menyadari bahwa seiring dengan perkembangan dan pembangunan infrastruktur di Indonesia yang sedang bertumbuh pesat, kebutuhan pencahayaan merupakan tantangan tersendiri bagi industri ini," kata Marketing Manager Commercial & OEM Professional Lighting Channel Philips Indonesia Danny Gunadi di Indonesia Infrastructure Week 2013, Kamis (14/11/2013).

Sejalan dengan hal itu, lanjut Danny, Philips ingin menjadi bagian dari pertumbuhan tersebut dengan menyediakan solusi pencahayaan berteknologi LED yang dapat membantu perkembangan infrastruktur berkelanjutan.

Danny menjelaskan, 19 persen penggunaan listrik di dunia adalah untuk pencahayaan. Penghematan energi sebesar rata-rata 40 persen dapat dilakukan bila beralih ke LED. Bila dikalkulasikan secara global, penghematan dapat mencapai Rp 1.600 triliun dan pengurangan 670 juta ton emisi CO2 per tahun.

Philips menawarkan program Turnkey Projects & Services (TPS), yakni program kemitraan bagi pemilik atau pengelola bangunan dan gedung termasuk infrastruktur. Dalam program ini, Philips akan melakukan audit energi, penyesuaian kebutuhan pencahayaan terpadu, manajemen proyek, perencanaan pembiayaan dan pemeliharaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X