Pemerintah Tidak Tawarkan Proyek Sembarangan

Kompas.com - 15/11/2013, 13:51 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerintah tidak ingin menawarkan proyek infrastruktur sembarangan kepada pihak swasta melalui skema  Kerjasama Pemerintah Swasta (Public Private Partnership /PPP).

Direktur Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bastari Panji Indra mengatakan, pihaknya secara ketat menyeleksi proyek sebelum ditawarkan. Ini agar proyek yang ditawarkan adalah proyek yang baik dan tak main-main.

"Jadi enggak proyek sembarangan lagi yang kita tawarkan ke swasta," kata Bastari seusai peluncuran buku PPP Project Plan 2013, Jumat (15/11/3013).

Tahun ini, kata Bastari, Bappenas sedang menawarkan 27 proyek infastruktur dengan skema PPP. Adapun 21 proyek diantaranya sudah dalam proses tender. Proyek-proyek tersebut diharapkannya bisa berjalan baik, karena telah terseleksi.

Lebih lanjut, Bastari menjelaskan, sebenarnya Bappenas menawarkan 58 proyek pada tahun 2012 lalu. Delapan proyek telah memasuki proses tender. 20 proyek dalam proses penyiapan dan 30 proyek diseleksi kembali. Alasan penyeleksian kembali itu dikatakannya karena banyak proyek yang masih jauh dari kategori siap.

"Jadi prinsipnya kita semakin memperketat proses untuk menyeleksi proyek-proyek yang akan ditawarkan kepada swasta. Supaya swasta juga mendapatkan suatu proyek yang sudah commited dari pemerintah dan dari pemilik proyeknya sendiri," ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X