Kemenhub Peringatkan Penerbangan untuk Waspada Abu Sinabung

Kompas.com - 18/11/2013, 11:01 WIB
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, meletus lagi pada Selasa, 17 September 2013 pukul 12.03. Gunung meletus pada Minggu dan mengharuskan ribuan warga yang tinggal di kaki gunung segera mengungsi. Status gunung masih Siaga III. AFP PHOTO / KHARISMA TARIGANGunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumut, meletus lagi pada Selasa, 17 September 2013 pukul 12.03. Gunung meletus pada Minggu dan mengharuskan ribuan warga yang tinggal di kaki gunung segera mengungsi. Status gunung masih Siaga III.
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Ashtam atau peringatan untuk maskapai penerbangan tentang debu vulkanik akibat letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan, mengatakan, Ditjen Hubud mengeluarkan Ashtam 0027/13 tentang informasi debu vulkanik semburan Gunung Sinabung.

"Ashtam yang dikeluarkan pada pukul 07.15 hari ini menginformasikan terjadi gangguan debu vulkanik yang disemburkan Gunung Sinabung di empat rute udara (air route) yaitu W 11, W 12, L 774 dan R 456," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (18/11/2013).

Dalam Ashtam tersebut, ketinggian debu vulkanik tersebut mencapai 25.000 kaki/feet atau sekitar 8.000 meter dan bergerak ke arah barat. "Diminta semua penerbangan menghindari air route tersebut. Perubahan situasi akan disampaikan melalui Ashtam kembali," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.