Bankir: Kondisi Perbankan Kita Masih Sangat Bagus

Kompas.com - 18/11/2013, 18:05 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan menilai situasi perbankan RI masih sangat bagus. Namun demikian, perbankan harus hati-hati terkait dengan kebijakan perekonomian global.

"Kalau menurut kami dari perbankan memang situasi perbankan kita masih sangat bagus. NPL (non performing loan) sangat rendah, governance itu sangat kuat, dan pertumbuhan masih sangat baik," kata Citi Chief Officer Indonesia Tigor M. Siahaan, Senin (18/11/2013). 

Menurutnya, perbankan nasional harus tetap mewaspadai kondisi yang bakal terjadi. Bank Indonesia (BI) dinilai sangat fokus terhadap perkembangan situasi domestik dan global. Kenaikan suku bunga BI rate sebesar 175 basis poin selama tahun 2013 ini menurut Tigor merupakan kebijakan untuk antisipasi.

"Juga kita tahu dari Bankers Dinner itu Pak Agus (Gubernur BI Agus Martowardojo) juga memberikan pandangan bahwa janganlah kita terlalu jor-joran untuk memberikan kredit. Akan tetapi kita lebih hati-hati, janganlah lengah," jelas Tigor.

Untuk itu, perbankan harus hati-hati dari sisi likuiditas, deposit, dan menjaga pertumbuhan secara berkesinambungan. " Jangan hanya kita grow untuk 1-2 tahun ke depan, akan tetapi dalam 3-5 tahun ke depan akan mengalami masalah," ungkapnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X