Tambah Modal, Bank Permata akan "Rights Issue" Rp 1,5 triliun

Kompas.com - 18/11/2013, 19:40 WIB
Bank Permata. KOMPAS/HERU SRI KUMOROBank Permata.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk akan melakukan penawaran umum terbatas VI (rights issue) senilai Rp 1,5 triliun. Dana yang diperoleh digunakan untuk penyertaan modal pada anak usaha perseroan, PT Astra Sedaya Finance (ASF).

"Penawaran Umum Terbatas VI ini akan mempertahankan rasio kecukupan modal kami di tingkat yang sehat pasca-penyertaan modal di ASF dengan tetap mematuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dan memberikan kami peluang untuk dapat terus mendukung ekspansi bisnis PermataBank," ujar Sandeep Jain, Direktur Keuangan Bank Permata.

Melalui rights issue tersebut, Bank Permata akan menerbitkan tambahan saham baru Kelas B sebanyak 1,2 miliar saham dengan harga Rp 1.242 per lembar saham, dengan memperhatikan persetujuan yang akan dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Dalam aksi korporasi tersebut, setiap pemegang 221 saham lama yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham perseroan pada tanggal 6 Januari 2014 pukul 16.00 WIB mempunyai 25 (dua puluh lima) Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu.

Hingga akhir September 2013, rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) sebesar 14,4 persen per 30 September 2013, jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Sebelumnya, penyertaan modal oleh Bank Permata kepada ASF telah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia. Namun demikian, rights issue ini hanya dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Bank Indonesia, surat efektif dari OJK dan persetujuan pemegang saham dalam RUPSLB yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 19 Desember 2013.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X