Aduan ke OJK Didominasi Nasabah Asuransi

Kompas.com - 18/11/2013, 21:20 WIB
Otoritas Jasa Keuangan KONTANOtoritas Jasa Keuangan
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan sebagian besar pengaduan yang masuk masih didominasi oleh aduan nasabah asuransi.

"Dari 700 pengaduan yang kami terima maka sekitar 62 persennya atau 306 pengaduan berupa laporan terkait industri asuransi, 20 persen perbankan dan sisanya untuk investasi lainnya dan pasar modal," jelas Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti S Soetiono  di Jakarta, Senin (18/11/2013).

OJK mencatat adanya 700 pengaduan hingga Oktober 2013. Pengaduan mencapai 12 persen dari 5.800 permintaan informasi yang mampir ke call center OJK. "Dari 5800 aduan yang masuk, 88 persen lebih kepada pengenalan produk, sisanya pengaduan," katanya.

Titu menuturkan, secara akumulasi, komposisi besar tidak berubah. Asuransi masih memegang porsi dominan dari banyaknya aduan yang mampir ke OJK.

"Dari data awal tahun asuransi masih dominan, Berbagai alasan diadukan konsumer mulai dari pengajuan klaim hingga permasalahan keagenan. Terutama dalam transparansi pemberian klaim kepada nasabah. Kita harapkan agar lebih transparan lagi," katanya. (Arif Wicaksono)



Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X