Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Bahasa Sederhana untuk Literasi Keuangan

Kompas.com - 20/11/2013, 06:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Literasi produk dan jasa keuangan kepada masyarakat disarankan menggunakan bahasa yang simpel dan mudah dimengerti. Bahasa baku dalam laporan resmi dan karya ilmiah sebaiknya tidak banyak dipakai dalam program literasi.

"Saran saya? Gunakan bahasa yang simpel dan sejelas mungkin. Jangan pakai bahasa keilmuan atau bahasa lembaga keuangan, perbankan, yang relatif lebih susah," kata Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung di Jakarta Convention Center, Selasa (19/11/2013). Dia menyarankan penggunaan bahasa yang lebih sederhana.

Selain itu, kata Chairul, literasi tidak cukup hanya dilihat dari programnya, tetapi juga harus melihat cara penyampaian pesan dan pendidikan itu. Sebagai informasi, program literasi ini menggunakan media wayang dan mobil edukasi sebagai sarana penyampaian materi pendidikan keuangan pada masyarakat.

Chairul mengatakan, pada dasarnya, masyarakat harus diberikan pemahaman mengenai industri keuangan sehingga memiliki akses ke produk dan jasa keuangan. Ini terkait persentase masyarakat yang memahami produk dan jasa keuangan yang baru mencapai kisaran 22 persen.

"Intinya masyarakat harus diberikan pemahaman tentang apa itu industri keuangan sehingga punya akses. Itu yang namanya financial inclusion,"kata Chairul. Dengan kepemilikan akses ke layanan keuangan, ujar dia, diharapkan masyarakat juga bisa lebih sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com