"Branchless Banking" Tingkatkan Akses Masyarakat Terhadap Perbankan

Kompas.com - 20/11/2013, 15:27 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTCOK.COMIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena


DENPASAR, KOMPAS.com -
Akses masyarakat terhadap perbankan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Menurut data dari Bank Dunia, hanya ada 20 persen orang dewasa yang memiliki rekening bank. Angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan Malaysia 66,7 persen dan Thailand 77,7 persen.

Salah satu cara untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap perbankan adalah dengan membuat brancless banking atau bertransaksi perbankan tanpa melalui kantor cabang.

"Dengan terbukanya akses masyarakat kepada pelayanan jasa keuangan maka masyarakat akan dapat meningkatkan kegiatan ekonominya dan juga kesejahteraannya. Indonesia masih terbuka bagi perkembangan branchless banking," ujar ekonom senior CIDES Umar Juoro di Denpasar rabu (20/112013).

Salah satu bank yang sedang mengembangkan dan melakukan proyek percontohan brancless banking adalah BTPN.

Menurut Head of Sales BTPN WOW! Donny Prasetya, dirancang untuk kebutuhan segmen mass market. Saat ini, BTPN membuat proyek percontohan di Bali dan Bogor.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X