Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Branchless Banking" Tingkatkan Akses Masyarakat Terhadap Perbankan

Kompas.com - 20/11/2013, 15:27 WIB
Anastasia Joice

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com -
Akses masyarakat terhadap perbankan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Menurut data dari Bank Dunia, hanya ada 20 persen orang dewasa yang memiliki rekening bank. Angka tersebut masih lebih rendah dibandingkan dengan Malaysia 66,7 persen dan Thailand 77,7 persen.

Salah satu cara untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap perbankan adalah dengan membuat brancless banking atau bertransaksi perbankan tanpa melalui kantor cabang.

"Dengan terbukanya akses masyarakat kepada pelayanan jasa keuangan maka masyarakat akan dapat meningkatkan kegiatan ekonominya dan juga kesejahteraannya. Indonesia masih terbuka bagi perkembangan branchless banking," ujar ekonom senior CIDES Umar Juoro di Denpasar rabu (20/112013).

Salah satu bank yang sedang mengembangkan dan melakukan proyek percontohan brancless banking adalah BTPN.

Menurut Head of Sales BTPN WOW! Donny Prasetya, dirancang untuk kebutuhan segmen mass market. Saat ini, BTPN membuat proyek percontohan di Bali dan Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com