Diresmikan, Penggunaan Rel Ganda Ruas Kaliwungu-Weleri Kendal

Kompas.com - 22/11/2013, 05:05 WIB
Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalur Ganda Kota Tegal, Pekalongan, dan Semarang PT KAI, Sutrisno, di Stasiun Weleri Kendal, Jawa Tengah, Kamis (21/11/2013) Kompas.com/SlametKepala Satuan Kerja Pembangunan Jalur Ganda Kota Tegal, Pekalongan, dan Semarang PT KAI, Sutrisno, di Stasiun Weleri Kendal, Jawa Tengah, Kamis (21/11/2013)
|
EditorPalupi Annisa Auliani
KENDAL, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia meresmikan penggunaan rel ganda di sepanjang rute Kaliwungu hingga Weleri Kendal, Jawa Tengah, Kamis (21/11/20130. Peresmian digelar di Stasiun Weleri.

" Panjangnya rel ganda Kaliwungu-Weleri ini mencapai 21 kilometer," kata Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalur Ganda Kota Tegal, Pekalongan, dan Semarang PT KAI, Sutrisno, di lokasi peresmian. Pembangunan ruas ini dirampungkan dalam waktu 18 bulan.

Dalam kesempatan itu, Sutrisno mengatakan, pembangunan fisik rel ganda mulai Tegal hingga Semarang sudah rampung 90 persen. Penyelesaian pembangunan rel ganda ini, ujar dia, terkendala pembebasan lahan warga pada ruas Semarang sampai Kaliwungu, Kendal.

Masalah pembebasan lahan ini terutama terjadi di ruas di sepanjang Banjir Kanal Barat, Semarang. "Tapi, Maret 2014, kami targetkan, semuanya sudah selesai sehingga rel ganda dari Semarang hingga Tegal sudah bisa digunakan," kata Sutrisno.

Sebelum peresmian ruas Kaliwungu sampai Weleri ini, ujar Sutrisno, sudah terlebih dahulu diresmikan rel ganda ruas Batang hingga Ujung Negoro. Untuk menuntaskan pembangunan rel ganda dari Tegal sampai Semarang yang memakan biaya Rp 2,1 triliun ini, kata dia, koordinasi PT KAI dengan Panitia Pembebasan Tanah (P2T) di Kota Semarang terus diperkuat.

Selain menuntaskan pembangunan rel ganda, Sutrisno mengatakan, saat ini PT KAI juga memperkuat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal terkait banyaknya lintasan menyeberang rel kereta yang tak berpalang pintu di wilayah ini. "Kami koordinasikan, apakah perlu membangun palang pintu atau justru jembatan layang," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X