Harta 3 Kali Lipat APBD DKI, Duo Djarum Terkaya di Indonesia

Kompas.com - 22/11/2013, 10:46 WIB
Budi Hartono FORBESBudi Hartono
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com —
Forbes Asia pada Rabu (20/11/2013) merilis 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2013. Hartono bersaudara, yakni R Budi Hartono dan Michael Hartono, masih menjadi yang terkaya di Tanah Air ini.

Kekayaan duo pemilik perusahaan rokok Djarum ini mencapai 15 miliar dollar AS atau sekitar Rp 175,5 triliun (kurs Rp 11.700 per dollar AS) atau lebih dari tiga kali lipat APBD DKI tahun 2013 yang sebesar Rp 50,1 triliun.

Sumber kekayaan keluarga Hartono antara lain dari warisan, bisnis perbankan sebagai pemegang saham terbesar bank swasta terbesar di Indonesia, BCA, dan tentu saja dari perusahaan rokok Djarum.

Asal tahu saja, duo Hartono ini menjadi pemuncak daftar orang terkaya Indonesia dalam lima tahun berturut-turut.

Eka Tjipta Widjaja 

Sementara di tempat kedua masih dipegang keluarga Eka Tjipta Widjaja dengan kekayaan 7 miliar dollar AS atau Rp 81,9 triliun. Sebelumnya, secara perorangan, Eka Tjipta didaulat Bloomberg sebagai orang terkaya di Indonesia. (baca: Kalahkan Duo Djarum, Bos Sinarmas Jadi Orang Terkaya di Indonesia).

Sumber kekayaan pendiri Grup Sinarmas ini antara lain dari perkebunan kelapa sawit serta properti. Sinarmas merupakan produsen minyak sawit terbesar kedua dunia.

Ia juga mempunyai perusahaan properti Sinarmas Land dan Bund Center Investment. Di sektor real estate, Eka Widjaja ini membangun ITC Mangga Dua, ruko, dan apartemen. Di Roxy, ia membangun apartemen Green View dan di Kuningan membangun ITC Ambassador.

Bloomberg menyebutkan, Eka mengontrol 61 persen Sinar Mas Multiartha. Ia juga menguasai 60 persen perusahaan energi Dian Swastatika Sentosa, 61 persen Smartfren Telecom; 60 persen perusahaan kertas Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, dan 53 persen Indah Kiat Pulp & Paper.

Anthoni Salim 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Forbes
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X