Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Lintas Sumatra Belum Terealisasi, Dahlan Tak Ambil Pusing

Kompas.com - 22/11/2013, 13:39 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan tak banyak berkomentar terkait rencana pembangunan jalan tol lintas Sumatera yang belum terealisasi, meski Gubernur seluruh Sumatra menagih janji pemerintah untuk mempercepat pembangunan di koridor Sumatera.

"Terserah yang memberikan izin," jawab Dahlan ketika ditanya kapan Peraturan Presiden keluar, di Jakarta, Jumat (22/11/2013).

Dahlan menegaskan, saat ini perizinan jalan tol trans Sumatera belum keluar. Mantan Dirut PLN itu pun membenarkan ketika dikonfirmasi pembangunan jalan tol trans Sumatra sudah sangat mendesak untuk mengembangkan perekonomian di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) se-Sumatera meminta pemerintah pusat untuk segera merealisasikan pembangunan jalan tol trans Sumatra.

Selain mendesak pemerintah pusat segera menerbitkan peraturan presiden (Perpres) yang sudah tertunda berbulan-bulan, pemprov seluruh Sumatera juga meminta Presiden segera menunjuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan membangun dan mengelola jalan tol tersebut tersebut.

“Jika pemerintah pusat masih juga menunda-tunda pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera, kami, pemerintah provinsi se-Sumatera siap membangun sendiri jalan tol tersebut. Asalkan Pemerintah pusat memberi ijin,” papar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Sumatera Selatan  Yohannes Hasiholan Toruan, Kamis (22/11/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com