Grup Bakrie Akan Garap Proyek Triliunan Rupiah yang Terbengkalai

Kompas.com - 22/11/2013, 20:42 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Tahun depan, PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) akan mulai menggarap proyek pembangkit listrik yang sudah lama terbengkalai. Proyek itu adalah Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati yang berlokasi di Cirebon.

Gafur Sulistyo Umar, Direktur Utama BNBR, memperkirakan, proyek milik anak usaha PT Bakrie Indo Infrastructure (BII) dan PT Bakrie Power (BP) ini diharapkan bisa mulai pertengahan tahun depan.

Nilai proyek PLTU berkapasitas 2 x 660 megawatt (MW) tersebut mencapai 2 miliar dollar AS. "Sekarang sedang negosiasi PPA (power purchase agreement) dengan PLN," ujar pria yang akrab disapa Bobby ini, Jumat (22/11/2013).

Perseroan tengah mencari pendanaan kepada sejumlah bank asing. Ia memperkirakan 70 persen keperluan teknologi PLTU dipenuhi dari impor. Oleh karena itu, perseroan berupaya untuk memperoleh kredit ekspor dari bank-bank di Eropa, Korea Selatan, dan  Jepang.

Selain itu, perseroan juga akan menggarap pembangkit listrik geotermal Ngebel dan Sokoria. Proyek infrastruktur lainnya yang ada di pipeline BNBR adalah jalan tol Cimanggis-Cibitung yang panjangnya 25,4 kilometer (km). Nilai proyek ini mencapai Rp 6,5 triliun.

"Diharapkan, pembebasan lahan kelar pada 2014," kata Bobby. Perseroan juga punya rencana untuk mengerjakan proyek jalur pipa gas Kalimantan-Jawa tahap pertama sepanjang 207 km. (Amailia Putri Hasniawati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.