Kelola Sumur Migas Bekas Total, Pertamina Diminta Gandeng Pihak Lain

Kompas.com - 25/11/2013, 13:43 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumur migas tua di Blok Siak dan Blok Mahakam--dua blok yang akan habis masa kontraknya--masih memiliki nilai keekonomian karena masih memiliki sisa cadangan minyak.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo mengatakan, untuk bisa memanfaatkan sumur migas tersebut, memang diperlukan investasi.

"Pertamina sudah mengatakan sanggup (kelola blok Mahakam). Tapi, kalau kompleks ini kan risikonya besar, jadi bisa di-share bersama yang lain," kata Susilo di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Sebagaimana diketahui, kontrak Total E&P Indonesie (TEPI) di blok Mahakam akan berakhir pada 2017 mendatang. Saat ini, lanjut Susilo, pemerintah tengah memfinasilasi kontrak tersebut, dan kontrak di Siak yang juga habis operasinya.

Menurutnya, ada tiga prinsip dasar yang dipegang pemerintah dalam menentukan perpanjangan PSC (production sharing contract). Pertama, kata dia, semua KKKS yang sudah berakhir masa kontraknya secara legal harus dikembalikan ke negara.

"Kedua, prinsip operasi tidak boleh berhenti. Kalau dalam evaluasi belum diputuskan, pemerintah biasanya menugaskan sementara operator yang mengoperasikan kontrak kerjasama tersebut," imbuhnya.

Adapun prinsip ketiga, adalah pemerintah mengharapkan perusahaan minyak nasional bisa maksimal mengoperasikan sumur-sumur minyak dalam negeri. "Keberpihakan pada perusahaan nasional jelas ada," tandasnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X