Makin Banyak Pengusaha Jepang Lirik Bisnis di Indonesia

Kompas.com - 25/11/2013, 14:51 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena


TOKYO, KOMPAS.com -
Saat ini sangat banyak perusahaan Jepang berinvestasi ke Indonesia, terbanyak dalam sejarah 20 tahun terakhir di Indonesia. Terutama dari kalangan Usaha Kecil Menengan (UKM) Jepangsangat banyak yang tertarik investasi ke Indonesia. Karena itu sangat baik kalau diperkenalkan kepada perusahaan terbaik Indonesia para UKM tersebut.

"Kita ketahui banyak sekali saat ini pengusaha Jepang berinvestasi ke Indonesia. Business matching di Indonesia semakin meriah karena menjadi tempat sasaran utama investasi perusahaan Jepang saat ini yang sangat menarik," ujar Gunadi Sindhuwinata, Pengurus Kadin Indonesia yang juga Komisaris PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. khusus kepada Tribunnews.com, Senin (25/11/2013), sebelum seminar yang diselenggarakan oleh SME Support Japan di Tokyo.

Banyaknya perusahaan Jepang yang berdatangan ke Indonesia itu, tambahnya, mengharuskan Indonesia siap menerima mereka, "Kita harus segera siap bisa menerima mereka dengan baik, terutama level UKM Jepang yang akan datang ke Indonesia dan sebagian sudah di Indonesia. Demikian pula dari sisi birokrasi juga harus pula siap menerima mereka sehingga orang Jepang ini tidak kecewa nantinya datang ke Indonesia."

Level perusahaan UKM Jepang diakui Gunadi sangat besar tidak seperti UKM di Indonesia, "Karena itu kita harus bisa memilihkan UKM Indonesia yang memang perusahaan perusahaan terbaik di Indonesia yang bisa kita kenalkan kepada mereka karena memang level UKM Jepang itu punya dimensi yang jauh lebih tinggi dari kita," katanya.

Gunadi menambahkan, Indonesia harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. "Jangan sampai lepas kesempatan ini untuk bisa membangun Indonesia dengan lebih baik lagi di masa mendatang," katanya.

Gunadi yang berasal dari bisnis otomotif juga menuturkan dalam waktu mendatang investasi otomobil di Indonesia akan mencapai sedikitnya 1,5 miliar dollar AS. Ekspansi kendaraan akan menuju ke protiope yang berbiaya rendah dan program akrab lingkungan hidup.

Sebab itu, investasi di pasar Indonesia sebenarnya sangat menggiurkan mulai sekarang dan sampai masa mendatang dengan populasi sekitar 240 juta penduduk saat ini. (Richard Susilo dari Tokyo, Jepang)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X