PGN Klaim Siap Akuisisi Pertagas

Kompas.com - 25/11/2013, 17:01 WIB
Jaringan pipa gas. Perusahaan Gas Negara (PGN)Jaringan pipa gas.
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com
- Corporate Secretary Perusahaan Gas Nasional Heri Yusuf menegaskan, PGN siap untuk mengakuisisi Pertagas. Namun syaratnya jika pemegang saham meminta perseroan untuk mengambil alih anak usaha Pertamina tersebut. Heri menegaskan pada prinsipnya PGN mengakuisisi Pertagas agar terus memaksimalkan setiap peluang untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

"Konsolidasi perusahaan gas milik negara merupakan salah satu opsi terbaik agar pengembangan gas bumi menjadi maksimal," ujar Heri Yusuf, Senin (25/11/2013).

Analis Capital Bridge Haryajid Ramelan menambahkan, PGN merupakan salah satu BUMN yang patut menjadi percontohan. Pasalnya, sejak go public di tahun 2003 nilai perusahaan ini terus meningkat dan mampu berkontribusi secara total dalam pembangunan infrastruktur gas bumi nasional.

Meski hanya dimodali pemerintah Rp 1,4 triliun sebelum go public, kini nilai kapitalisasi PGN mencapai lebih dari 11 miliar dollar AS. PGN juga mampu membangun proyek pipanisasi dari Sumatera ke Jawa Barat dengan nilai investasi lebih dari 1,3 miliar dollar AS. Dalam 10 tahun terakhir PGN telah mampu mengembangkan infrastruktur gas bumi hingga senilai lebih dari Rp 40 triliun.

"Sebagai BUMN PGN memiliki governance yang cukup baik di mata investor. Sehingga ketika muncul isu akuisisi oleh Pertamina para investor langsung bereaksi negatif. Reaksi ini adalah indikasi bahwa masuknya Pertamina dianggap kontraproduktif dan justru mengancam bisnis PGN," ujar Haryajid. (Adiatmaputra Fajar Pratama)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X