Dahlan Minta Pengembang Lirik Lahan Sekitar Stasiun

Kompas.com - 25/11/2013, 17:05 WIB
Ilustrasi hunian Kompas.com/Robertus BelarminusIlustrasi hunian
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Dahlan Iskan menyampaikan saran kepada para pengembang yang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI) untuk melirik lahan di sekitar stasiun kereta api.

Dahlan menyampaikan hal itu melihat tingginya biaya transportasi yang membebani para pekerja di luar Ibu Kota, yang notabene memiliki hunian di luar Jakarta. "Ke depan kami punya mimpi, rumah penduduk sebaiknya mulai tumbuh di sekitar stasiun. Ini harus mulai dipikirkan. Begitu KRL dibenahi, penumpang sudah lebih dua kali lipat," ujarnya di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Ditambah lagi, dia melanjutkan, lahan parkir di Jakarta semakin terbatas. Orang-orang yang bekerja terpaksa memarkirkan kendaraan pribadi dan menggunakan KRL untuk mencapai tempat tujuan.

"Misal naik KRL dari Depok ke Jakarta Rp 4.500. Naik ojek Rp 15.000. Ini tidak masuk akal. Ini inefisiensi yang sangat besar, yang mungkin REI bisa menggariskan perumahan di sekitar stasiun, mutlak. Gaji pegawai tidak akan habis untuk transportasi," ungkapnya.

Dengan membangun hunian di sekitar stasiun, hal tersebut menjadi peluang bisnis bagi para pengembang. Di sisi lain, hal itu dapat membantu rencana pemerintah untuk memenuhi kebutuhan terhadap perumahan.

Sebagai informasi, saat ini penawaran dari pengembang masih di bawah kebutuhan terhadap hunian (backlog). Selisihnya sekitar 15.000.000 unit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X