Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Minta Pengembang Lirik Lahan Sekitar Stasiun

Kompas.com - 25/11/2013, 17:05 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Dahlan Iskan menyampaikan saran kepada para pengembang yang tergabung dalam Realestat Indonesia (REI) untuk melirik lahan di sekitar stasiun kereta api.

Dahlan menyampaikan hal itu melihat tingginya biaya transportasi yang membebani para pekerja di luar Ibu Kota, yang notabene memiliki hunian di luar Jakarta. "Ke depan kami punya mimpi, rumah penduduk sebaiknya mulai tumbuh di sekitar stasiun. Ini harus mulai dipikirkan. Begitu KRL dibenahi, penumpang sudah lebih dua kali lipat," ujarnya di Jakarta, Senin (25/11/2013).

Ditambah lagi, dia melanjutkan, lahan parkir di Jakarta semakin terbatas. Orang-orang yang bekerja terpaksa memarkirkan kendaraan pribadi dan menggunakan KRL untuk mencapai tempat tujuan.

"Misal naik KRL dari Depok ke Jakarta Rp 4.500. Naik ojek Rp 15.000. Ini tidak masuk akal. Ini inefisiensi yang sangat besar, yang mungkin REI bisa menggariskan perumahan di sekitar stasiun, mutlak. Gaji pegawai tidak akan habis untuk transportasi," ungkapnya.

Dengan membangun hunian di sekitar stasiun, hal tersebut menjadi peluang bisnis bagi para pengembang. Di sisi lain, hal itu dapat membantu rencana pemerintah untuk memenuhi kebutuhan terhadap perumahan.

Sebagai informasi, saat ini penawaran dari pengembang masih di bawah kebutuhan terhadap hunian (backlog). Selisihnya sekitar 15.000.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com