Kompas.com - 26/11/2013, 08:55 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai pulihnya kondisi ekonomi Amerika Serikat terus memengaruhi pergerakan mata uang global. Nilai tukar rupiah pun bergerak variatif dengan kencenderungan masih bakal tertekan.

Laju dollar AS yang terus naik, menurut riset Trust Securities, membuat pelaku pasar cenderung mentransaksikan mata uang Greenback itu dibandingkan mata uang lainnya. Laju rupiah pun mau tidak mau turun dengan laju kenaikan dollar AS.

Seperti dikutip dari data Bloomberg, pukul 09.45 Selasa (26/11/2013) pagi, rupiah melemah ke posisi Rp 11.748 per dollar AS dibanding penutupan kemarin pada  level 11.510.

Sementara kurs tengah Bank Indonesia pada Senin (25/11/2013) berada di posisi Rp 11.722 per dollar AS.

Dollar AS menguat ke level tertinggi dalam enam bulan terhadap yen kemarin, seiring tercapainya kesepakatan yang mengejutkan antara Washington dan Iran yang telah meredakan kecemasan atas outlook ekonomi AS, sehingga memicu kenaikan harga saham global.

Amerika Serikat dan lima kekuatan dunia lainnya sepakat dengan Iran untuk meredakan sebagian dari embargo ekonomi dalam pertukaran kebijakan. Hal itu bertujuan untuk membatasi program nuklir Iran dan memastikan negara di teluk Persia tersebut tidak terburu-buru untuk mengembangkan senjata atom.

Para trader, seperti dilaporkan riset Monex Investindo Futures, mengatakan bahwa kesepakatan ini, di tambah dengan melonjaknya produksi minyak AS, diperkirakan akan mendorong lebih rendah lagi harga minyak mentah untuk saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi itu pun memberikan faktor positif untuk ekonomi AS. Laju pelemahan hard currency lainnya antara lain euro dan yen seiring bank sentral masing-masing yang masih ingin mempertahankan suku bunga rendahnya membuat laju rupiah terperangkap dalam pelemahannya.

Rupiah pun mendekati target support Rp 11.727 per dollar AS. Hari ini rupiah diproyeksikan bergerak di rentang Rp 11.745-11.712 (kurs tengah BI). (Ben)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X