PGN Siapkan Akuisisi Pertagas Sejak 2 Tahun Lalu

Kompas.com - 27/11/2013, 19:53 WIB
Jaringan pipa gas. Perusahaan Gas Negara (PGN)Jaringan pipa gas.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menyatakan kesiapannya untuk mengakuisisi anak usaha PT Pertamina, PT Pertagas. Langkah ini dinilai akan lebih menguntungkan dalam pengembangan jaringan perseroan.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PGAS, M. Wahid Sutopo, menegaskan akan mengambil opsi itu jika pemegang saham menyepakati rencana pengambilalihan Pertagas.

"Kami nyatakan siap melaksanakan hal itu. Karena dengan mengakuisisi Pertagas, jaringan gas bumi PGN akan lebih luas," kata Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko PGN, M. Wahid Sutopo, dalam acara Investor Summit di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Wahid menjelaskan, konsep akuisisi Pertagas sebetulnya sudah sejak dua tahun lalu untuk mengoptimalkan kinerja. Menurutnya, akuisisi Pertagas diperkirakan bakal menguntungkan bagi PGN.

"Karena Perseroan lebih memahami tentang gas dan memiliki infrastruktur yang lebih baik untuk pengembangan jaringan gas," ujarnya.

Secara pengalaman, PGN lebih mumpuni dalam mengelola gas. Pertagas dinilai belum memiliki pengalaman sebaik PGN dalam membangun infrastruktur. "Secara pendanaan pun PGN mampu melakukan akuisisi Pertagas," imbuhnya.

Dia juga menambahkan, bahwa belum ada dana yang disiapkan untuk akuisisi Pertagas. Karena belum ada pembicaraan serius antara kedua pihak terkait akuisisi tersebut.

"Namun jika memang direstui, PGN dapat mengambil dana dari kas internal atau melakukan pinjaman ke berbagai pihak," ujarnya. (Arif Wicaksono)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X