Kompas.com - 29/11/2013, 07:38 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena


NUSA DUA, KOMPAS.com
- PT Pertamina (Persero) menuntaskan transaksi dengan ConocoPhillips untuk mengakuisisi unit bisnisnya di Aljazair, ConocoPhillips Algeria Limited, dengan total nilai 1,75 miliar dollar AS sehingga perusahaan itu menguasai hak partisipasi 65 persen di Blok 405a. Hal ini sebagai bagian dari strategi pemerintah untuk meningkatkan produksi minyak nasional.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, dalam jumpa pers pada pertemuan menteri-menteri energi dan sumber daya mineral ASEAN mengenai perkembangan mineral, Kamis (28/11/2013), di Nusa Dua, Bali, mengatakan, Pemerintah Indonesia terus mendorong PT Pertamina untuk mengakuisisi blok-blok migas di luar negeri.

”Ini untuk meningkatkan lifting (produksi siap jual) minyak. Hasil produksi minyak dari blok yang diakuisisi itu akan dicatat sebagai produksi minyak Indonesia,” kata Wacik.

Secara terpisah, Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, di Jakarta, menjelaskan, akuisisi skala besar itu memberikan Pertamina minyak mentah kualitas tinggi dalam jumlah signifikan dan merepresentasikan capaian kunci pada upaya ekspansi bisnis hulu migas internasional perseroan itu. (EVY)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X