Toshiba Pusatkan Pabrik TV LCD di Indonesia

Kompas.com - 30/11/2013, 20:43 WIB
Pro Theater L4300, televisi berbasis Android dari Toshiba ToshibaPro Theater L4300, televisi berbasis Android dari Toshiba
EditorErlangga Djumena


TOKYO, KOMPAS.com -
Toshiba Corporation akhirnya memutuskan untuk hanya menggunakan pabrik yang ada di Indonesia sebagai tempat produksi TV LCD. Sedangkan dua pabrik lainnya yaitu yang di Dalian, China, dan di Polandia akan ditutup. Pabrik di China akan ditutup bulan Desember 2013 ini.

"Hal ini dilakukan karena kami ingin konsentrasi kepada produksi tersebut agar lebih menguntungkan di masa mendatang di tengah persaingan dunia yang sangat ketat dewasa ini," papar sumber Tribunnews.com, Sabtu (30/11/2013).

Upaya ini juga sebagai antisipasi atas rencana Toshiba melakukan konsolidasi di berbagai bidang, terutama di bidang pertelevisian agar dapat bekerja lebih profesional lagi.

Pabrik Toshiba yang ada di Polandia telah dijual kepada perusahaan milik Taiwan dan oleh karena itu mulai tahun 2014 akhir nanti hanya Indonesia saja yang menjadi fokus pembuatan TV LCD di dunia bagi Toshiba.

Pabrik Toshiba yang ada di Dalian dibangun tahun 1997 dan menghasilkan sekitar 800.000 unit produksi di tahun 2012. Kini tampak merugikan sehingga terpaksa harus ditutup.

Dengan penutupan tersdbut, untuk penjualan di Jepang ada kemungkinan pasokan TV LCD dilakukan oleh perusahaan Taiwan. Hal tersebut masih dalam proses pembicaraan bisnis lebih lanjut.

Sementara terkait penutupan pabrik di Dalian sekitar 900 tenaga kerja akan di PHK dan akan diberikan kompensasi uang.

Setelah pabrik TV LCD nya di tutup di Dalian, ada kemungkinan, masih dalam pertimbangan lebih lanjut, pabrik tersebut akan dipakai untuk hal lain yaitu meningkatkan produksi medical equipment serta industri terkait perangkat permotoran yang juga telah diproduksi di sana. Belum ada keputusan lebih lanjut mengenai pabrik Dalian tersebut, ungkapnya lagi.(Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo, Jepang)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X