Kompas.com - 02/12/2013, 07:33 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan masih bergerak variatif dengan kecenderungan tertekan di awal pekan sekaligus mengawali Desember, Senin (2/12/2013). Diharapkan rilis data-data ekonomi di awal pekan ini dapat lebih baik untuk mengurangi tekanan jual, namun investor diimbau tetap mewaspadai potensi pembalikan arah.

IHSG masih memperpanjang pelemahannya sepanjang pekan kemarin. Jelang akhir pekan yang sekaligus mengakhiri November, laju IHSG masih dalam zona tren penurunannya meskipun ditutup menguat setelah pada menit-menit terakhir terjadi aksi beli yang mengangkat IHSG.

Tekanan terhadap rupiah membuat gerak indeks terbatas karena investor dan pelaku pasar menunggu dan memilih mengamankan posisi. IHSG selama sepekan kemarin kembali mengalami penurunan 61,52 poin (1,42 persen) atau lebih dalam dari pekan sebelumnya yang turun 17,49 poin (0,40 persen).

Sepanjang pekan kemarin, aksi jual investor asing tercatat berkurang, dengan nominal Rp 8,69 miliar, jauh lebih rendah dari nominal jual investor asing pada pekan sebelumnya sebesar Rp 242,488 miliar. Sedangkan bursa saham AS yang cenderung variatif pada pekan lalu dapat bertahan di zona positif.

Laju bursa saham AS mampu kembali menghijau meski menjelang akhir perdagangan sempat melemah tipis seiring kenaikan indeks VIX. Indeks Nasdaq akhirnya berhasil menyentuh level tertingginya di 4.000 setelah saham-saham teknologi banyak mengalami kenaikan. Di lain sisi, pasca-libur Thanksgiving, laju bursa saham AS kembali melemah.

Riset Trust Securities memerkirakan IHSG akan berada pada rentang support 4.195-4.238 dan resisten 4.289-4.367 pada pekan ini. IHSG diperkirakan bakal membentuk pola menyerupai three black crows di bawah middle bollinger bands.

MACD bergerak turun dengan histogram negatif yang memanjang. Secara teknik, RSI, William's %R, dan stochastic masih menunjukkan penurunannya. IHSG gagal bertahan di kisaran target support (4282-4310) sehingga memberikan gambaran aksi jual masih terjadi dan dapat kembali menahan laju IHSG pada pekan ini. IHSG pun diperkirakan belum akan keluar dari tren pelemahannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X