Pemerintah Siapkan Langkah Atasi Pelemahan Rupiah

Kompas.com - 02/12/2013, 14:45 WIB
Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha KOMPAS.COM/Sandro GatraJuru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha
Penulis Sandro Gatra
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


CIPANAS, KOMPAS.com
- Pemerintah tengah menyiapkan langkah untuk mengatasi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Selain itu, dipersiapkan langkah antisipasi menghadapi kebijakan tapering off atau pengurangan stimulus moneter yang akan diterapkan Bank Central Amerika Serikat.

Hal itu dibahas dalam rapat terbatas bidang ekonomi di Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Senin ( 2/12/2013 ).

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin pasha mengatakan, dalam rapat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima laporan perkembangan ekonomi Indonesia, terutama mengenai kondisi rupiah yang terus tertekan.

Ada dua faktor penyebab tertekannya nilai tukar rupiah. Faktor internal atau domestik, kata Julian, adanya defisit transaksi berjalan. Adapun faktor eksternal, adanya spekulasi bahwa bank sentral AS akan mengeluarkan kebijakan pengurangan stimulus.

"Presiden sangat mengikuti perkembangan fluktuasi dari nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan kondisi perekonomian secara keseluruhan termasuk global. Masing-masing dari menteri teknis memberikan pandangan dan saran apa yang bisa kita lakukan atau diformulasikan menjadi kebijakan untuk antisipasi hal-hal yang berkaitan dengan tertekannya mata uang kita," kata Julian.

Julian menambahkan, antisipasi kebijakan pengurangan stimulus ekonomi perlu dilakukan lantaran perekonomian global masih sangat tergantung dengan perekonomian AS. Jika kebijakan itu benar diterapkan, kata dia, dampaknya akan luas.

"Saya tidak bisa jelaskan lebih jauh, yang pasti Indonesia harus dalam kondisi siap untuk hadapi kesulitan di masa akan datang," pungkas Julian.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X