Data Ekonomi Positif, Menkeu Berharap Rupiah Menguat

Kompas.com - 02/12/2013, 19:38 WIB
Menteri Keuangan Chatib Basri KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Keuangan Chatib Basri
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan data inflasi November yang cukup rendah sebesar 0,12 persen, serta data neraca perdagangan yang mengalami surplus 42,4 juta dollar AS berpengaruh signifikan terhadap perbaikan nilai tukar rupiah.

“Ini tentu akan memberi sinyal bagus. Kalau relatif rendah, ekspektasi depresasi tidak akan meningkat. Ini tercermin pada kurs tengah Bank Indonesia, kalau tidak salah di menit terakhir Rp 11.760 per dollar AS,” kata Chatib, Senin (2/12/2013).

Dari data inflasi yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pagi ini, Chatib memperkirakan inflasi hingga akhir tahun ini bisa di bawah 8,5 persen, dengan asumsi inflasi pada bulan Desember mendatang hanya di level 0,5 persen.

“Kalau pemerintah berusaha lebih, mungkin bisa di kisaran 8,2 persen. Tapi saya tidak mau gegabah. Konservatif di 8,5 persen,” imbuhnya.

Ia pun berharap, surplus neraca perdagangan bisa semakin melebar sehingga memperbaiki defisit neraca transaksi berjalan. Pada akhirnya, kata dia, itu akan membantu rupiah menguat.

Chatib menambahkan pekan ini pemerintah juga akan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) PPh Impor dan PMK KITE. Dengan aturan tersebut ia berharap, kondisi surplus dapat terus terjaga.

Menkeu juga berharap ekonomi Amerika Serikat segera pulih, sehingga mampu mengerek ekspor Indonesia. Asal tahu saja, dari data BPS tercatat neraca perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat Oktober 2013 mengalami surplus sebesar 5,1 miliar dollar AS.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X