Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CT Optimistis Ekonomi Indonesia Masih Cerah di Tahun Politik

Kompas.com - 03/12/2013, 11:15 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung (CT) optimistis prospek ekonomi Indonesia 2014 masih cukup baik, meski ada sejumlah tantangan seperti perubahan lanskap perekonomian global, adanya jurang antara kenaikan konsumsi dengan produksi domestik, serta Pemilu yang mempengaruhi investasi.

"Ada dua hal yang membuat kita perlu optimistis. Status demografi dan banyaknya manusia produktif yang disebut bonus demografis itu membuat dorongan konsumsi domestik," kata CT di Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Dengan bonus demografi seperti itu, CT optimis perekonomian Indonesia akan terus tumbuh, meski tak setinggi tahun-tahun sebelumnya.

Hal kedua yang membuat CT optimistis yakni, ia meyakini Pemilu tahun depan akan berjalan lancar. "Saya melihat Pemilu 2014 akan berjalan baik, berjalan aman. Saya percaya suara rakyat adalah suara Tuhan," kata CT dalam forum yang juga dihadiri Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan ini.

Adanya pemimpin baru, lanjut CT, biasanya memberikan euforia perubahan sesuatu yang lebih baik. Biasanya, lanjut dia ada perubahan ekonomi yang signifikan usai pergantian pemimpin. Ia memprediksikan hal itu akan terjadi pada akhir 2014.

"Namun itu harus diikuti pemerintah baru dengan langkah untuk memperbaiki fundamental ekonomi," pesan CT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com