CT Optimistis Ekonomi Indonesia Masih Cerah di Tahun Politik

Kompas.com - 03/12/2013, 11:15 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung (CT) optimistis prospek ekonomi Indonesia 2014 masih cukup baik, meski ada sejumlah tantangan seperti perubahan lanskap perekonomian global, adanya jurang antara kenaikan konsumsi dengan produksi domestik, serta Pemilu yang mempengaruhi investasi.

"Ada dua hal yang membuat kita perlu optimistis. Status demografi dan banyaknya manusia produktif yang disebut bonus demografis itu membuat dorongan konsumsi domestik," kata CT di Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Dengan bonus demografi seperti itu, CT optimis perekonomian Indonesia akan terus tumbuh, meski tak setinggi tahun-tahun sebelumnya.

Hal kedua yang membuat CT optimistis yakni, ia meyakini Pemilu tahun depan akan berjalan lancar. "Saya melihat Pemilu 2014 akan berjalan baik, berjalan aman. Saya percaya suara rakyat adalah suara Tuhan," kata CT dalam forum yang juga dihadiri Menteri Negara BUMN, Dahlan Iskan ini.

Adanya pemimpin baru, lanjut CT, biasanya memberikan euforia perubahan sesuatu yang lebih baik. Biasanya, lanjut dia ada perubahan ekonomi yang signifikan usai pergantian pemimpin. Ia memprediksikan hal itu akan terjadi pada akhir 2014.

"Namun itu harus diikuti pemerintah baru dengan langkah untuk memperbaiki fundamental ekonomi," pesan CT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.