Laporan Devisa Hasil Ekspor ke Bank Domestik Meningkat

Kompas.com - 03/12/2013, 13:41 WIB
Bank Indonesia Kompas.com/Robertus BelarminusBank Indonesia
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat peningkatan jumlah eksportir yang melaporkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) ke bank domestik. Pada September 2013, berdasar laporan Lalu Lintas Devisa (LLD) pada bank domestik tercatat sebesar 120 pelapor. LLD tersebut terdiri atas 3 laporan melalui LLD bank domestik, LLD Lembaga Bukan Bank (LBB), dan LLD Utang Luar Negeri (ULN).

"Tahun ini juga eksportir memasukkan DHE ke bank devisa dalam negeri atau domestik juga naik sebesar 84-85 persen dibanding tahun lalu sebesar 78-80 persen dari total profit ekspor yang masuk per bulannya sebesar 14-16 miliar dollar AS," ujar Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan Laporan BI Wiwiek Sisto Widayat di Gedung BI, Selasa (3/12/2013).

Jumlah pelapor LLD pada LBB pun mengalami peningkatan sebesar 4 persen year on year menjadi 2.514 pelapor. Adapun pada periode sama tahun lalu sebesar 2.413 pelapor.

"Naiknya jumlah pelapor LLD LBB juga berimbas pada kepatuhan jumlah pelapor LLD LBB yang terkena sanksi denda keterlambatan yang mengalami penurunan dari 78 pelapor di 2012 menjadi 70 pelapor di 2013 posisi November 2013," ujar Wiwiek.

Wiwiek menjelaskan, komoditas penyumbang DHE terbesar berasal dari batu bara dan minyak kelapa sawit. Ia juga menyatakan tahun ini kepatuhan eksportir cukup bagus.

"Kepatuhan eksportir tahun ini sudah cukup bagus, selalu ada peningkatan setiap tahunnya. Dimana tahun lalu ada 11.000 eksportir dan tahun ini ada 11.700 eksportir," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X