Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, OJK Hadir di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 04/12/2013, 20:47 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan tahun depan OJK akan hadir dari Sabang sampai Merauke. Hal itu sebagai konsekwensi beralihnya pengawasan perbankan dari yang tadinya dilakukan oleh Bank Indonesia, menjadi dilakukan oleh OJK, mulai 1 Januari 2014.

"Per 1 Januari (2014) itu OJK tidak hanya di Jakarta. OJK akan berdiri dari Sabang sampai Merauke. Karena ada tugas pengawasan bank seperti BPR itu di daerah-daerah," kata Muliaman ditemui usai forum Risk and Governance Summit 2013, di Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Selain berfungi melaksanakan tugas pengawasan bank-bank yang ada di daerah, OJK yang tersebar di seluruh Indonesia nantinya juga akan menerima pengaduan masyarakat yang ada di daerah.

OJK di daerah juga akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang industri jasa keuangan. Muliaman menjelaskan, personel OJK di daerah akan berkolaborasi dengan personil BI. Secara substantif, OJK akan mengurusi hal-hal mikro, sementara BI akan mengurusi hal-hal makro.

"Kesepakatan ini menjadi penting agar kedua belah pihak bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Kita pastikan, BI dan OJK harus memiliki akses yang sama terhadap data-data di daerah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com