PNM Manado Salurkan Pembiayaan Rp 94 Miliar

Kompas.com - 09/12/2013, 13:41 WIB
Layanan UlaMM PNM KONTANLayanan UlaMM PNM
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mencatat penyaluran pembiayaan di wilayah Manado, Gorontalo, dan Ternate, mencapai Rp 94,95 miliar. Pembiayaan tersebut diberikan kepada 2.107 pelaku usaha kecil dan mikro (UMKM).

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja mengatakan, sektor perdagangan mendominasi penyerapan pembiayaan yang disalurkan oleh Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) PNM di ketiga wilayah tersebut, yakni sebesar 91,4 persen.

“Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Sulawesi Utara telah memberikan dampak positif yang nyatabagikelangsunganbisnis PNM di sini, khususnya di wilayah Manado dan Gorontalo,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (8/12/2013).

Sejauh ini, PNM Cabang Manado merupakan koordinator bisnis pembiayaan ULaMM di wilayah Manado, Gorontalo, dan Ternate, Maluku Utara. Sejak terbentuk pada Januari 2012, kontribusi PNM cabang tersebut terusmeningkat.

Tercatat, sejak transformasi bisnis dilakukan pada 2008 hingga November 2013, total penyaluran pembiayaan PNM melalui ULaMM mencapai Rp17,2 triliun kepada lebihdari 1,65 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

“Kami berharap PNM Cabang Manado dapat terus meningkatkan kontribusinya, baik terhadap pendapatan perusahaan maupun kemajuan UMKM dan perekonomian Sulawesi Utara,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X