Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNM Manado Salurkan Pembiayaan Rp 94 Miliar

Kompas.com - 09/12/2013, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mencatat penyaluran pembiayaan di wilayah Manado, Gorontalo, dan Ternate, mencapai Rp 94,95 miliar. Pembiayaan tersebut diberikan kepada 2.107 pelaku usaha kecil dan mikro (UMKM).

Direktur Utama PNM Parman Nataatmadja mengatakan, sektor perdagangan mendominasi penyerapan pembiayaan yang disalurkan oleh Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) PNM di ketiga wilayah tersebut, yakni sebesar 91,4 persen.

“Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Sulawesi Utara telah memberikan dampak positif yang nyatabagikelangsunganbisnis PNM di sini, khususnya di wilayah Manado dan Gorontalo,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (8/12/2013).

Sejauh ini, PNM Cabang Manado merupakan koordinator bisnis pembiayaan ULaMM di wilayah Manado, Gorontalo, dan Ternate, Maluku Utara. Sejak terbentuk pada Januari 2012, kontribusi PNM cabang tersebut terusmeningkat.

Tercatat, sejak transformasi bisnis dilakukan pada 2008 hingga November 2013, total penyaluran pembiayaan PNM melalui ULaMM mencapai Rp17,2 triliun kepada lebihdari 1,65 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

“Kami berharap PNM Cabang Manado dapat terus meningkatkan kontribusinya, baik terhadap pendapatan perusahaan maupun kemajuan UMKM dan perekonomian Sulawesi Utara,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com