Kompas.com - 10/12/2013, 16:06 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Emirates membuka penerbangan Dubai-Los Angeles menggunakan armada A380, sekaligus menjadi penerbangan terpanjang di dunia dengan armada tersebut.

Armada dengan double-decker mendarat di Los Angeles pada 3 Desember 2013. Penerbangan bersejarah ini melintasi Federasi Rusia, Kutub Utara dan Kanada Timur, dan berdurasi 16 jam 20 menit.

"Mengusung armada A380 yang penuh kemewahan ke City of Angels ini sepertinya cocok karena pesawat ini mencerminkan kemewahan gaya hidup Hollywood," kata Hubert Frach, Divisional Senior Vice President, Commercial Operations West Emirates, Selasa (10/12/2013).

Dia mengklaim, emirates A380 berbeda dengan yang lain. Kelas Ekonomi penerbangan ini menyediakan fasilitas yang lengkap, mini-pods eksklusif di Kelas Bisnis dan private suites di Kelas Utama.

Di atas dek pesawat, penumpang Kelas Utama dapat menyegarkan diri di salah satu dari dua
Onboard Spa Shower, sementara penumpang Kelas Satu dan Kelas Bisnis dapat beramah tamah dan berbaur di Onboard Lounge sambil menikmati minuman dan bercengkerama di atas ketinggian 40.000 kaki.

Penumpang di semua kabin memiliki akses ke Wi-Fi, 1.500 saluran hiburan dalam penerbangan dan masakan yang disiapkan oleh koki khusus, serta dilayani oleh awak kabin multi-bahasa.

Dalam penjelasannya, dia menyebutkan juga bahwa penumpang mendapatkan tambahan bagasi yang cukup banyak yaitu, 30 kilogram di Kelas Ekonomi, 40 kilogram di Kelas Bisnis dan 50 kilogram di Kelas Utama. Penumpang premium juga dapat menikmati lounge yang disediakan dan supir untuk mengantarkan ke berbagai tujuan di seluruh jaringan Emirates.

Maskapai penerbangan ini mulai terbang ke Los Angeles pada 2008 menggunakan Boeing 777-200LR. Kemudian, layanan baru ini menggunakan armada A380 dengan jumlah seat 489 . Ini merupakan respon langsung terhadap besarnya permintaan yang bepergian antara Los Angeles dan Dubai sejauh ini.

Layanan A380 Emirates ke-23 ini akan beroperasi setiap hari dengan armada EK 215 yang berangkat dari Dubai pukul 08.20 dan tiba di Bandara Internasional Los Angeles pukul 12.50 pada hari yang sama.

Penerbangan kembali, EK 216, berangkat dari Los Angeles pada pukul 16.00 dan tiba di Dubai pukul 19.50 pada hari berikutnya.

Pesawat double decker ini memiliki 14 private suites di Kelas Utama, 76 kasur lie-flat di Kelas Bisnis dan 399 tempat duduk di Kelas Ekonomi yang luas.

Sejauh ini, Emirates telah mengoperasikan 63 penerbangan mingguan ke AS, melayani tujuh pintu gerbang, Los Angeles, San Francisco, Seattle, Dallas, Houston, Washington DC dan New York JFK, dan dua dari tiga penerbangan harian dioperasikan dengan A380.

Penerbangan JFK ketiga, dioperasikan menggunakan Boeing 777-300ER, berhenti di pusat mode Italia, Milan, sebelum dilanjutkan ke New York. Layanan harian dari Dubai ke Boston akan mulai 10 Maret 2014. (Eko Sutriyanto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.