Presiden Ingin Mobil Listrik Diproduksi Massal pada 2017

Kompas.com - 11/12/2013, 18:45 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com -
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap mobil listrik karya anak bangsa sudah mulai diproduksi massal pada 2017. Persiapan untuk memproduksi massal terus dilakukan.

"Presiden maunya 2017 sudah diproduksi," kata Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu ( 11/12/2013 ).

Hatta mengatakan, saat ini banyak permintaan mobil listrik yang sudah dipamerkan. Dua perusahaan swasta, kata dia, mengaku siap memproduksi mobil karya Dasep Ahmadi dan mobil Gendhis.

Penyempurnaan prototipe mobil listrik tersebut, kata Hatta, sudah sampai pada level 7. Ada beberapa masalah kecil yang perlu diperbaiki untuk memasuki level 8.

"Diproduksi massal itu di level 9. Nah, itu lebih banyak persiapan untuk mencetak alatnya. Kalau mau buat banyak kan harus buat alat cetaknya, sekarang kan masih manual," kata Hatta.

Selain menyempurnakan prototipe, Hatta menambahkan, koordinasi antar-kementerian terkait juga tengah diperkuat. Sebenarnya, kata dia, tugas pihaknya hanya membantu dalam riset.

"Sebenarnya hanya sampai di sana. Cuma supaya jangan hilang, saya akan coba mengawal walaupun bukan tugas kami. Kami akan aktif," pungkas Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.