Pengusaha Ingin Buruh Demo soal Peningkatan Daya Saing

Kompas.com - 13/12/2013, 14:00 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang mutlak dalam memasuki liberalisasi perdagangan barang dan jasa di regional ASEAN, pada 2015 mendatang.

Ketua ASEAN Competitive Institute (ACI) Soy Martua Pardede menyebutkan, tenaga kerja terampil (skilled) mampu meningkatkan daya saing Indonesia. Kualitas SDM ini hanya bisa digenjot dengan pelatihan-pelatihan.

Sayangnya, alih-alih berfokus untuk meningkatkan kualitasnya, tenaga kerja lebih tertarik membahas soal kesejahteraan.

"Belum pernah saya lihat dalam pergerakan buruh saat ini yang menuntut perbaikan fasilitas dan pelatihan untuk meningkatkan daya saing mereka," kata Pardede, dalam seminar nasional, "Standardisasi Bidang Perdagangan", di Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Asal tahu saja, di antara negara-negara tetangga, indeks daya saing Indonesia termasuk yang rendah. Berdasarkan global competitiveness index, daya saing Indonesia di tingkat 38, kalah dari Malaysia yang 24, dan Thailand 37.

Untuk meningkatkan daya saing itu, perusahaan perlu mengalokasikan dana lebih untuk program peningkatan kualitas SDM. "Kami pengusaha ingin sekali mendengarkan aspirasi dari para buruh yang seperti ini," tutur mantan Ketua Kadin itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.