Segmen Asuransi Kendaraan Bermotor Masih Mendominasi Pasar

Kompas.com - 13/12/2013, 17:03 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyebut setidaknya ada tiga lini asuransi yang tetap mendominasi pasar industri asuransi umum Indonesia di tahun 2014 mendatang, salah satunya asuransi kendaraan bermotor.

"Tiga besar asuransi, yaitu asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, dan asuransi kesehatan masih tetap mendominasi di tahun 2014," kata Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor pada konferensi pers laporan kinerja asuransi umum dan reasuransi di kantornya, Jumat (13/12/2013).

Terkait dengan asuransi kendaraan bermotor, Julian mengatakan terdapat sebuah fenomena di masyarakat Indonesia di mana mereka cenderung membeli mobil atau sepeda motor karena alasan emosional. Tren model menjadi alasan mereka.

"Fenomena masyarakat Indonesia kadang unik dalam pembelian kendaraan bermotor. Kalau harga naik, mereka akan stop sebentar dulu lalu beli. Setiap ada model baru langsung beli. Kecenderungannya mereka membeli karena alasan emosional," ujar dia.

Julian menjelaskan, hingga kuartal III-2013, premi bruto asuransi umum mencapai Rp 33,9 triliun, meningkat 18,7 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

"Pertumbuhan terbesar pada premi bruto secara nominal dicapai lini usaha asuransi kendaraan bermotor dengan kenaikan sebesar Rp 1,2 triliun," ungkapnya.

Adapun terkait klaim bruto, asuransi kendaraan bermotor menempati posisi kedua peningkatan tertinggi dengan peningkatan sebesar Rp 978 miliar. Peningkatan tertinggi klaim bruto secara keseluruhan terjadi pada lini asuransi kecelakaan dan kesehatan sebesar Rp 1 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X