Kompas.com - 13/12/2013, 17:27 WIB
Ilustrasi bahan pangan KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi bahan pangan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang hari raya Natal, Kementerian Perdagangan memastikan pasokan bahan pangan cukup tersedia, dan tak ada kendala berarti.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi menuturkan, sampai hari ini harga-harga kebutuhan pangan pun juga relatif stabil. Bahkan daging ayam dan telur, justru terlalu rendah, dan malah sedikit memukul para peternak.

"Kalau daging sapi memang belum turun, tapi bukan karena mau Natal. Itu warisan dari bulan-bulan lalu yang memang belum menurun," imbuh Bayu, di Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Sementara itu, bahan pangan lain yang sedikit agak terganggu adalah hortikultura, utamanya sayur-sayuran. Hal itu, dikarenakan memasuki musim penghujan, biasanya produktivitas sayur-sayuran merosot.

"Kalau untuk inflasi, di Desember ini mungkin sedikit lebih tinggi dibanding November. Di hortikultura, bintangnya tetap cabe. Karena itu tadi, musim. Dan yang kedua, dampak Gunung Sinabung membuat produksi tanah Karo dan sekitarnya tidak optimal. Alokasi produksi cabe jadi berubah," jelasnya.

Namun, sebenarnya dari sisi konsumsi, rumah tangga sangat sedikit dibanding industri besar berbahan baku cabe, seperti saos.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.