Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Nilai Usulan Basuki Cuma seperti Memencet Balon

Kompas.com - 16/12/2013, 14:37 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi PT Pertamina (Persero), usulan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama agar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menghentikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke DKI Jakarta hanya seperti memencet balon, dan membuat udara di dalamnya berpindah-pindah.

"Mengenai wacana itu, selama permintaannya tidak berkurang, konsumen akan lari di sekitarnya," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, ditemui di sela-sela Pertamina Energy Outlook 2014, di Jakarta, Senin (16/12/2013).

Ali mengatakan, kebijakan terkait subsidi BBM tidak bisa dilakukan hanya sektoral. Kebijakan pengurangan subsidi BBM harus komprehensif, terlebih lagi banyak orang melakukan mobilitas dari kota penyangga ke Jakarta dan sebaliknya.

"Jadi, kalau tidak ada demand yang turun, upaya itu hanya seperti balon, kalau dipencet, udaranya akan pindah ke sisi lain," tutur dia. Artinya, sambung dia, selama demand tak surut, kebijakan menyetop pasokan BBM nihil.

Sebelumnya, Basuki mengusulkan pada Kementerian ESDM untuk menghentikan pasokan BBM bersubsidi ke DKI Jakarta. Penghentian itu dapat mendorong masyarakat beralih menggunakan transportasi massal. "Kita minta ESDM stop BBM bersubsidi khusus DKI," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Apabila pasokan BBM bersubsidi jadi dihentikan, kata Basuki, anggaran Dinas Energi dan Perindustrian DKI Jakarta dapat dialihkan untuk kebutuhan lainnya yang lebih prioritas, seperti pembangunan infrastruktur, salah satunya loop line kereta api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com