Kompas.com - 16/12/2013, 21:34 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan pabrik Semen di Cilegon, Banten, oleh PT Bosowa direncanakan akan mulai dikonstruksi pada tahun 2014 mendatang. Nilai investasinya berkisar Rp 1,5 triliun.

"Insya Allah awal tahun depan kami sudah mulai konstruksinya," kata Erwin Aksa, Presiden Direktur PT Bosowa Corporindo, seusai bertemu dengan Menteri MS Hidayat di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (16/12/2013).

Menurut dia, saat ini perizinan sudah dalam tahap penyelesaian akhir atau proses penyelesaian analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

"Pembebasan tanah juga sudah selesai, proses penyelesaian amdal, kemudian masuk dalam tahap izin membangun. Pendanaan juga sudah selesai," ucapnya. Diperkirakan, pada Februari atau Maret 2014 konstruksi sudah dapat dikerjakan.

Erwin menambahkan, pendanaan dari pembangunan pabrik ini berasal dari perbankan lokal dan perbankan asing. "Kami harapkan nanti bisa didanai oleh bank lokal sebagian dan bank luar sebagian," ucapnya.

Nilai investasi dari pabrik ini sebesar Rp 1,5 triliun dengan kapasitas produksi sebanyak 1,5 juta ton. Ia menambahkan, sebanyak 30 persen dari total investasi tersebut berasal dari kas milik Bosowa, sedangkan 70 persen dari pinjaman.

Ia memprediksi, apabila tahun depan sudah mulai, maka pabrik ini diperkirakan akan selesai dalam waktu 1,5 tahun mendatang.

"Kita butuh waktu 1,5 tahun untuk selesai," ujarnya. Diharapkan nantinya, pada akhir tahun 2015, pabrik Cilegon sudah dapat melakukan produksi.

Nantinya, setelah pabrik ini selesai, semen yang diproduksi pada pabrik tersebut akan distribusikan ke wilayah Banten, Jabodetabek, dan Lampung.

Adanya pabrik ini juga dapat meningkatkan pasar semen Bosowa ke Jawa menjadi 10 persen dari pasar semen saat ini yang baru 3 persen-4 persen.

Apabila ditambah dengan pabrik yang berasal dari Banyuwangi, Bosowa bisa menyuplai semen ke Pulau Jawa sebanyak 3 juta ton-4 juta ton.

Ia juga mengatakan, pabrik semen yang di Banyuwangi diperkirakan akan selesai pada 2014. "Tahun depan selesai Banyuwangi," ujarnya.

Jadi, jika pangsa kedua pabrik tersebut digabungkan, maka pada tahun 2016 Bosowa diperkirakan meraih pasar semen sebesar 10 persen. (Emma Ratna Fury)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kontan


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.