Kompas.com - 17/12/2013, 17:07 WIB
Ilustrasi kilang minyak AP PHOTO / GERALD HERBERTIlustrasi kilang minyak
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina menargetkan bisa raup pendapatan sebesar 200 miliar dollar AS dalam beberapa waktu ke depan. Saat ini, pendapatan BUMN migas itu sekitar 30 miliar dollar AS.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning & Operation Evaluation, PT Pertamina (Persero), Djohardi Angga Kusuma mengatakan, untuk mencapai target tersebut, perseroan akan meningkatkan kinerja bisnis sektor hulu (upstream) dan hilir (downstream).

Di upstream minyak, Pertamina menargetkan mencapai lifting sebesar 2,2 juta barel per hari (bph), dari saat ini yang hanya 200.000 bph.

"Pertamina memiliki mimpi untuk menjadi pemain dunia dan pendapatan itu menjadi salah satu faktor pendukung agar Pertamina dapat menjadi perusahaan energi kelas dunia," ujarnya dalam Pertamina Energy Outlook 2014, di Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Djohardi mengatakan untuk mencapai tujuan ini, pihaknya akan melakukan upaya organik dan anorganik. Upaya yang dilakukan di antaranya adalah memaksimalkan mengeksplorasi potensi gas dari Aceh hingga Jawa Timur.

Selain itu, Pertamina juga akan mengefisiensikan kilang-kilang minyak, untuk menggenjot pendapatan dari downstream minyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.