Sido Muncul Resmi Melantai, BEI Cetak Rekor IPO

Kompas.com - 18/12/2013, 10:14 WIB
Pabrik jamu Sido Muncul KONTANPabrik jamu Sido Muncul
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk secara resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode emiten SIDO.  Dengan melantainya saham SIDO ini, tahun ini BEI mencatat 31 emiten yang melakukanpenawaran saham perdananya (IPO). 

Pada hari pertamanya ini, saham SIDO diperdagangkan naik dengan harga tertinggi Rp 660 per lembar saham atau naik 80 poin (13,79 persen).

Harga tersebut  lebih tinggi dibandingkan harga saham perdananya, yakni Rp 580 per lembar saham. Saham SIDO diperdagangkan dengan nilai saham terendah yakni Rp 640 per lembar saham dan tertinggi Rp 680 per lembar saham. Adapun frekuensinya sebanyak 227 dengan volume 31.000 lot dengan nilai transaksi mencapai Rp 10 miliar.

"Kami berharap dengan dicatatkannya SIDO maka perdagangan di BEI akan semakin semarak. Saham ke-31 yang dicatatkan tahun ini. Rekor baru sejak tahun 2001," kata Direktur Utama BEI Ito Warsito di Gedung BEI, Rabu (18/12/2013).

Perseroan akan mengalokasikan dana hasil IPO sebesar 56 persen untuk modal kerja, 42 persen akan digunakan untuk investasi dan sisanya yakni 2 persen untuk pengembangan sistem teknologi informasi dan komputerisasi.

Perusahaan industri jamu dan farmasi ini akan melepas saham sebanyak-banyaknya 1,5 miliar lebar saham atau 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Perseroan diperkirakan akan memperoleh dana hasil IPO sebesar Rp 810 miliar hingga Rp 990 miliar.

Untuk membantu proses penawaran saham perdana ini, perseroan menunjuk dua perusahaan sekuritas, antara lain PT Kresna Graha Sekurindo Tbk dan PT Mandiri Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X