Libur Natal, Menhub Larang Maskapai Naikkan Tarif

Kompas.com - 18/12/2013, 13:44 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melarang maskapai penerbangan menaikkan tarif pesawat pada libur Natal dan tahun baru ini. Menteri Perhubungan (Menhub), E.E. Mangindaan meminta pengusaha angkutan udara bersabar, meski harga bahan bakar naik.

"Enggak boleh. Saya tidak kasih tarif naik dulu, meskipun itu sudah memaksa sekali, karena katanya avtur sudah naik, dan macem-macem," ujar Mangindaan, di Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Ditemui usai rapat koordinasi, Mangindaan menegaskan kenaikan tarif harus berdasarkan keputusan menteri. Artinya, kalaupun ada maskapai yang menaikkan tarif, ia memastikan hanya untuk kelas bisnis ke atas. Itu pun, tak boleh melebihi batas atas.

"Kalau ada yang naikkan lewat dari itu, kena sanksi," ujarnya.

Ia mengatakan, dari sisi keterisian kursi (load factor), diperkirakan tak akan terjadi lonjakan signifikan di angkutan udara. Rata-rata load factor kata dia, sebesar 82 persen, baik untuk penerbangan domestik, maupun luar negeri.

"Jadi, sekali lagi saya minta sabar jangan naikin tarif dulu, karena rakyat mau naik transportasi kan kasihan kalau tidak terjangkau (harganya)," kata Mangindaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X