Perdagangan Topang Penyaluran Pembiayaan PNM di Bandung

Kompas.com - 18/12/2013, 15:45 WIB
Layanan UlaMM PNM KONTANLayanan UlaMM PNM
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com
- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mencatat sektor perdagangan menjadi penopang penyaluran pembiayaan perseroan di wilayah Bandung, dengan persentase penyerapan  sebesar 73,67 persen.

Hingga akhir November, PNM Cabang Bandung telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 775,915 miliar kepada 13.720 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

“Pertumbuhan sektor perdagangan seolah menjadi motor bisnis kami karena mendominasi penyerapan pembiayaan ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro), sebesar Rp571,67 miliar atau 73,67%,” ujar Pemimpin PNM Cabang Bandung Puji Riyanto, dalam siaran pers Rabu (18/12/2013).

Menurut Puji, jumlah debitur ULaMM di wilayah Bandung yang bergerak di bisnis perdagangan sebanyak 10.147 UMKM atau 35 persen dari total debitur. Saat ini PNM tengah melakukan penetrasi ke sektor usaha potensial lainnya, seperti pertanian, perindustrian dan jasa-jasa.

PNM Cabang Bandung saat ini membawahi 30 gerai ULaMM, yang menjalankan operasi bisnis pembiayaan mikro di wilayah Cileunyi, Leuwipanjang, Cimahi, Padalarang, Cipanas, dan Sukabumi.

Sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme debitur ULaMM, terutama di wilayah Leuwipanjang, PNM menggelar gathering nasabah. Sedikitnya 100 nasabah ULaMM berperan aktif dalam acara tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PNM, Gung Panggodo menuturkan acara pelatihan dan pembinaan nasabah merupakan program pengembangan kapasitas usaha (PKU) yang sifatnya regular.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kegiatan PKU merupakan bukti komitmen PNM dalam pengembangan UMKM, yang tak hanya dengan menyediakan fasilitas modal usaha, tetapi juga melalui pemberian jasa manajemen dan pembinaan usaha,” tuturnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X