Citilink Gandeng BII untuk Pembayaran Tiket

Kompas.com - 18/12/2013, 20:22 WIB
Pesawat A320 Citilink. DOK CITILINKPesawat A320 Citilink.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) menjalin kerja sama dengan PT Citilink Indonesia dalam penjualan tiket online melalui travel agent dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Kerja sama diharapkan bisa meningkatkan pendapatan non-bunga atau fee based income BII. Direktur Keuangan sekaligus Pejabat Sementara Presiden Direktur BII Thila Nadason mengatakan, pihaknya mendukung Citilink melakukan penjualan tiket pesawat melalui biro perjalanan dengan menyediakan solusi pembayaran berbasis BII Corporate On Line Payment (BII CoOLPAY).

Menurutnya, melalui kerja sama itu, Citilink akan terbantu dalam proses pembayaran klaim tiket dari biro perjalanan. Citilink juga bisa menerima laporan secara on line dan real time.

"Pelanggan Citilink juga bisa melakukan pembayaran tiket secara on line melalui ATM BII. Ke depan, kerja sama diharapkan bisa dikembangkan ke jaringan elektronik BII lainnya, termasuk internet banking dan mobile banking," kata Thila di Jakarta, Rabu (18/12).

Thila menambahkan, BII CoOLPAY mempermudah proses bisnis antara BII, Citilink beserta biro perjalanan. Biro perjalanan juga dapat melakukan pembayaran tiket tanpa harus datang ke bank.

"Solusi cash management dan electronic banking ini selaras dengan misi kami, humanizing financial services," ujarnya.

Selain dengan Citilink, BII juga telah menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan lainnya. BII berharap kerja sama dengan penerbangan dapat berkontribusi sebesar 20 persen terhadap total fee based income.

Direktur Operasional BII Frans Rahardja, mengatakan, cash management adalah pilar bisnis dalam transactional banking. "Cash management pilar penting dalam bisnis kami. Yang sekarang kita tawarkan pembayaran melalui on line. Kalau dihitung transaksi akan menambah fee based income," ujar Frans.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Citilink Arif Wibowo bilang, kerja sama dengan BII ini diharapkan bisa menopang pertumbuhan perusahaan. Sebab, awal tahun depan, Citilink akan ekspansi rute ke regional.

Perth, Australia, menjadi salah satu destinasi ekspansi rute Citilink pada tahun 2014 mendatang. "Segmen regional harus ditopang bank yang kuat di regional juga. Ini bank yang cukup kuat di regional," ucap Arif. (Dea Chadiza Syafina)



Sumber Kontan
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X