Investor Asia Sambut Baik Kebijakan the Fed

Kompas.com - 19/12/2013, 09:57 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

TOKYO, KOMPAS.com - The Federal Reserve akhirnya memutuskan untuk melakukan tapering stimulus mereka sebesar 10 miliar dollar AS. Dengan demikian, jumlah stimulus yang akan digelontorkan per bulannya menjadi 75 miliar dollar AS. Bagaimana pelaku pasar Asia menanggapi kebijakan ini?

Rupanya, investor Asia menyambut positif langkah the Fed. Pada pukul 09.43 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3 persen. Sementara itu, indeks Nikkei Jepang naik 1,7 persen, indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,9 persen, dan indeks Kospi Korea Selatan naik 0,7 persen.

Kebijakan bank sentral AS ini menandai bahwa perekonomian AS semakin membaik setelah terjerumus ke jurang resesi beberapa tahun terakhir. Selain itu, keputusan the Fed ini juga mengakhiri ketidakpastian yang selama ini sudah menggelayuti pasar.

"Ini merupakan win win solution bagi pasar. Pelaku pasar lebih optimistis terhadap tingkat pengangguran dan ekonomi AS," papar Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investors Ltd di Sydney. (Barratut Taqiyyah)



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X